About The Author

This is a sample info about the author. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis.

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

20 Agustus 2009

Sebagian Warga Sumenep Mulai Puasa Hari Jumat


SEBAGIAN warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai berpuasa Ramadhan 1430 Hijriyah pada hari Jumat (21/8).

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karawi di Desa Ketawang Karay, Kecamatan Ganding, K.H. Fayyat As'ad menjelaskan, Kamis malam, pihaknya mulai melaksanakan salat tarawih yang berarti keesokan harinya mulai berpuasa.

"Kami memang akan mulai berpuasa Ramadan pada hari Jumat. Kami punya pedoman sendiri dalam menentukan awal dan akhir bulan Ramadan," katanya di Sumenep.

Ia menjelaskan, keputusannya untuk melaksanakan puasa pada hari Jumat dipastikan akan diikuti oleh sebagian warga di Kecamatan Ganding, Lenteng, dan Manding.

"Santri dan alumni Pondok Pesantren Al-Karawi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Sumenep biasanya bertanya pada kami tentang awal dan akhir bulan Ramadan. Kalau kami mulai berpuasa pada hari Jumat, tentunya santri dan alumni juga akan melakukan hal sama," katanya.

Kiai Fayyat juga menjelaskan, pihaknya memang lebih sering mendahului pelaksanaan puasa Ramadhan pada setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan keputusan pemerintah.

"Sekali lagi, kami punya patokan sendiri dalam menentukan awal Ramadhan sekaligus meyakininya sebagai hal yang benar. Namun, kami tidak memaksa warga lainnya untuk mengikuti keyakinan ini," katanya menegaskan.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Ganding, Sitrul A. Musaie menjelaskan, sebagian tetangganya memang akan berpuasa Ramadhan pada hari Jumat.

"Sebagian warga di Kecamatan Ganding mengikuti keputusan salah seorang pengasuh pondok pesantren yang memulai pelaksanaan puasa Ramadhan pada hari Jumat," katanya. (nab/nta)

0 komentar: